Recent

Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone C zc451cg

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone C zc451cg

Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone C zc451cg - Unlock Boatloader atau biasanya disingkat dengan UBL ini biasa dilakukan untuk kepentingan rooting perangkat Android Asus Zenfone C. Pasalnya sejak versi awal android JB 4.3 hingga android 6.0 Marshmallow bila ingin melakukan metode root maka wajib UBL terlebih dahulu. Walaupun sudah banyak metode root tanpa melakukan UBL terlebih dulu , tapi hasilnya masih belum sempurna atau bisa dikatakan root nya kurang lengkap.

Mungkin anda masih binggung dengan istilah Bootloader, bagi kalian yang terbiasa dengan operasi sistem Linux maka istilah ini sangat familiar, karena bootloader ini sangat penting di OS linux..

Jadi jika sobat masih binggung dengan istilah ini, untuk pertanyaan mengenai bootloader, admin akan menjelaskan sedikit tentang UBL (unlock bootloader) dan pengertian bootloader untuk menambahkan ilmu kita tentang dunia android.

Apa yang di maksud dengan Unlock Bootloader?

Perlu anda ketahui Bootloader adalah merupakan sebuah program yang sudah ada pada suatu sistem operasi untuk melakukan booting atau untuk memanggil sistem operasi yang ada pada internal memory perangkat gedget. Bootloader ini digunakan untuk memanggil kernel pada suatu sistem operasi. Bisa di mengerti? :)

Terus pasti timbul pertanyaan: apa gunanya di Unlock? Seperti yang telah anda ketahui selama ini bahwa operasi sistem Android sangat peduli dengan keamanan system mereka, baik keamanan bootloader, sistem,dll, sehingga pada akhirnya kita harus melakukan proses rooting supaya system terbuka kembali sehingga kita dapat memodding gedget sesuka hati tapi dengan jaminan garansi ponsel hilang dan segala kerusakan yang terjadi pada system (karena kita cuma menganti isi dari systemnya , bukan hardware) ditanggung oleh kita sendiri bisa jadi kerusakan nya seperti bootloop, terdapat lags, kamera not found, dan masih banyak lainnya. 

Jadi, apa fungsi dari unlock bootloader?

Sama halnya Bootloader. Bootloader menjadi unsur yang sangat penting tidak hanya pada Android namun pada seluruh system operasi linux (karena bootloader berfungsi untuk memanggil system).
Kebanyakan Custom ROM saat ini telah menggunakan kernel yang sudah dimodifikasi oleh pihak pengembangnya atau developers. Sehingga sudah jelas kita harus mengubah kernelnya bila ingin mencoba Custom ROM tersebut.

Nahh, anda tidak bisa melakukan Unlock Bootloader tanpa melakukan Rooting terlebih dulu, sedangkan anda boleh saja tidak melakukan Unlock Bootloader meskipun sudah melakukan Rooting jika memang anda tidak memerlukan.

3 kerugian yang didapatkan setelah UBL?

Adapun 3 kerugian unlock bootloader yaitu:
  • Tidak dapat menerima update sistem melalui over the air biasanya disingkat dengan OTA, tapi anda dapat menerima update sistem/firmware secara manual melalui ADB.
  • UBL dapat menghapus geransi ponsel, jadi bagi anda yang takut kehilangan geransi, admin sarankan jangan UBL.
  • UBL juga dapat mereset atau memformat memory internal perangkat sobat jadi ingat sebelum melakukan UBL terlebih dulu anda backup data anda.

Jadi,kesimpulan apa yang bisa di ambil?

Sampai sejauh ini sobat sudah mengerti bukan tantang bootloader? Jadi intinya Unlock Bootloader atau UBL akan sangat membantu kita untuk merubah atau melakukan flashing custom ROM, custom karnel dan custom recovery serta anda dapat memodifikasi Asus Zenfone C sesuka hati anda, mulai dari menganti font dan anda dapat mejalankan aplikasi yang membutuhkan hak akses root.

Tutorial Unlock Bootloader Asus Zenfone C zc451cg:

Langkah 1 - Untuk melakukan UBL pada Asus Zenfone C zc451cg, terlebih dulu semua paket ADT sudah terinstal di PC atau notebook sobat, sobat bisa download semua paket ADT di sini.

Langkah 2 - Nah bila sobat sudah download semua paket  ADT kemudian sobat instal di PC.

Langkah 3 - Aktifkan USB Debugging di Asus Zenfone C, sobat tidak bisa mengaktifkan USB Debungging jika sobat belum mengaktifkan mode "Developer Options".
Ikuti cara ini untuk mengaktifkan Developer Options:
  • Masuk kedalam menu Settings (Setelan) > About (Tentang) Letak menu About (Tentang) biasanya di Menu Setting (Setelan) yang ada dipaling bawah.
  • Setalah sobat berada pada Menu About (Tentang), cari nama menu Build number (Nomor bentukan). Biasanya terdapat di menu Software information (Informasi software).
  • Klik 7X pada “Build number (Nomor bentukan)”. Pada beberapa tap pertama akan muncul popup/pesan “you are now 4 step away for being developer” (4 klik lagi jadi pengembang) jadi klik 4 kali lagi pada menu Build Number (Nomor bentukan) dan setelah selesai akan muncul popup/pesan pemberitahuan “you are now a developer” (sekarang anda pengembang) jaid deh :).
    Developer options Asus Zenfone C
    Developer Options Asus Zenfone C
Langkah 4 - Nah setelah anda melakukan tahap diatas, sekarang sobat sudah bisa mengaktifkan USB Debugging dengan cara:
  • Masuk kedalam menu Settings (Setelan) sobat akan melihat menu Developer options (Opsi pengembang) sudah muncul di gedget sobat. Jika sudah muncul masuk ke menu Developer options (Opsi pengembang) dan sekarang aktifkan USB Debugging (Debugging USB) dengan cara klik diarea USB Debugging sepeti Sreenshot dibawah ini.
    USB Debugging Asus Zenfone C
    USB Debugging Asus Zenfone C
  • Gampang bukan. Sekarang Developer options dan USB Debugging sudah aktif dan bisa sobat akses kapanpun.
Langkah 5 - Setelah sobat berhasil malakukan beberapa step diatas, sekarang sobat download Modaco Superboot atau download via mirror.
Tutorial Video: Cara mudah download Modaco Superboot: lihat video ini.

Langkah 6 -  Selanjutnya extract file Modaco Superboot dengan cara klik kanan pada file Modaco Superboot > extract all.

Langkah 7 - Aktifkan USB Debugging pada ponsel, Masuk ke Setting (pengaturan) > Developer Options (Opsi pengembang) > Aktifkan USB Debugging (seperti cara diatas).

Langkah 8 - Sambungkan Asus zenfone C ke PC sobat dengan kabel USB.

Langkah 9 - Buka folder Superboot yang sudah diextract, kemudian tahan tombol shift + klik kanan pada PC dan pilih Open Command Window Here.
Modaco Superboot open command window here

Langkah 10 - Maka akan muncul CMD (Command window) dan ketikkan perintah:

  • adb-windows reboot bootloader (perintah ini untuk me-reboot ponsel sobat) tunggu beberapa saat.
  • dan ketikkan "fastboot-windows oem unlock".
perintah Command Prompt Asus Zenfone C

Sesudah melakukan perintah kedua, tapi pada command promt proses melakukan unlock bootloader tidak berjalan dan hanya ada tulisan "waiting for device here" jadi solusi menyelesaikan masalah ini yaitu download dan instal "PDANet" pada PC sobat, setelah ter-instal, copot USB dari PC dan sambungkan kembali.

Langkah 11 - Jika anda mengalami seperti masalah diatas, maka instal PDANet dan lakukan kembali langkah 10 untuk melanjutkan proses unlock bootloader.

Langkah 12 - Bila sobat berhasil menjalankan langkah 10, maka akan muncul notice/pesan di ponsel sobat "if you are sure" (apakah kamu yakin untuk unlock bootloader pada asus zenfone C?) maka klik "yes" pada volume up/down (+ atau -) pada ponsel.

Langkah 13 - Tunggu beberapa saat hingga muncul pesan "unlocked" pada ponsel anda.

Done.

Selamat, anda sudah berhasil unlock bootloader pada Asus Zenfone C zc451cg, Sekian saja tutorial mengenai unlock bootloader Asus Zenfone C zc451cg. Semoga sobat berhasil mengikuti tutorial di atas, jika artikel ini bermanfaat bagi anda, silahkan sobat share ke media social barangkali ada yang memerlukan tutorial ini. 

Dengan melakukan share beberapa dari artikel kami, tanpa secara langsung anda telah membantu kami bersaing di dunia internet marketting dengan traffic yang masuk. Dengan begitu kami akan semangat dan terus  membuat artikel-artikel menarik lainya ataupun anda bisa request artikel yangsobat mau di kolom komentar, thank's.

Artikel Menarik Lainnya:

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

5 Responses to "Cara Unlock Bootloader Asus Zenfone C zc451cg"