Recent

Cara Root dan Unroot Samsung Galaxy V dengan PC dan tanpa PC terbaru

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280
Cara Root dan Unroot Samsung Galaxy V dengan PC dan tanpa PC - Tahun 2014 Samsung merilis produk terbarunya yang bernama Samsung Galaxy V, ponsel ini termasuk kedalam segmen entry level. Sebagaiman rumor yang beredar bahwa vendor Samsung belakangan ini sering mengeluarkan smartphone dengan spesifikasi yang bagus dan kualitas terjamin dengan harga yang lumayan mahal, namun kali ini vendor terbesar didunia ini merilis smartphone dengan harga yang murah dan kualitas yang bagus, Meskipun ponsel ini termasuk kedalam entri level namun ponsel ini berjalan pada sistem operasi android V4.4 Kitkat.

Samsung Galaxy V yang dirilis pada bulan desember tahun 2014 di Vietnam, Ponsel ini memiliki spesifikasi yang cukup canggih serta berbekal fitur yang cukup sempurna dengan harga yang ramah kantong sekitar 900 ribuan per unitnya, harga ini berlaku pada bulan Mei 2016. Namun bagi pengguna yang menjalankan aplikasi yang meminta hak akses root maka ponsel anda harus melakukan root.

Cara Root dan Unroot Samsung Galaxy V dengan PC dan tanpa PC

Pada panduan ini kami ingin membagi kan 2 metode melakukan root pada android. Metode pertama dengan bantuan PC dan Metode kedua dengan bantuan aplikasi frameroot yang di instal ponsel sobat. Nah mari kita mulai panduan pertama root dengan PC.

Cara Root Samsung Galaxy V Dengan PC

Bila sobat ingin melakukan rooting dengan bantuan PC maka ponsel sobat sudah tertanam mode CWM Recovery. CWM recovery merupakan kepanjangan dari ClockworkMod, Custom recovery ini merupakan recovery mode yg telah di modifikasi sedemikian rupa dengan berbagai fitur tambahan yang berguna seperti instalasi, backup/restore dan lain-lain, Fitur ini tidak terdapat pada recovery mode standar atau bawaan pabrik vendor ponsel, Tapi perlu sobat ingat, 

Walaupun Android sobat masih kondisi baru bukan berarti ponsel sobat tidak memiliki recovery mode, hanya saja recovery mode standar tidak ada fitur seperti yang di sediankan CWM. Recovery ClockworkMod ini memiliki fitur yang sangat berguna sehingga memudahkan penggunanya untuk memodifikasi gedgetnya tersebut.

CWM Recovery samsung galaxy v 1

Nah bagi sobat yang belum memiliki CWM Recovery dan instal SuperSU via CWM maka sobat ikuti dulu tutorial instal CWM Recovery di Samsung Galaxy V, berikut tutorialnya:


Persiapkan bahan-bahan dibawah ini:

Tutorial instal CWM Recovery dan Root Samsung Galaxy V dengan PC

Langkah 1 - Aktifkan USB Debugging dengan cara:
  • Masuk kedalam menu setting/pengaturan.
  • Pilih About Device/Tentang perangkat, menu ini terletak dibawah menu list Setting.
  • Jika sobat sudah masuk ke Menu About, sekarang Tap/Ketuk sebanyak 10X pada Build Number yang terdapat dalam menu About. Proses ini untuk memunculkan menu Developer Options/Pilihan pengembang.
  • Nah kembali ke menu setting/pengaturan, sobat akan melihat menu baru yaitu Developer Options/Pilihan pengembang. Tap untuk mesuk kedalam Developer Options.
  • Langkah terakhir sobat tinggal mencentang/ceklist pada USB Debugging.
USB Debugging Samsung galaxy v

Langkah 2 - Instal Samsung USB Driver, kemudian extract file CWM Recovery, Odin dan pindahkan SuperSU ke SD Card (Memory External ponsel).

Langkah 3 - Matikan ponsel sobat.

Langkah 4 - Lalu masuk ke mode download dengan cara : tekan dan tahan tombol Volume Down (-) + Home + Power secara bersamaan, maka muncul notification seperti gambar dibawah ini, selanjutnya tekan tombol Volume Up (+) untuk melanjutkan.

recovery mode samsung galaxy v

Langkah 5 - Sambungkan ponsel ke PC dengan kabel USB (Dalam mode download).

Langkah 6 - Buka Odin, pada Option centang Auto Reboot dan F.Reset Time, kemudian klik PDA lalu cari file CWM Recovery yang sudah diextract dan klik file recovery.tar.md5 yang terdapat dalam CWM Recovery, lalu klik Start untuk menanamkan sistem CWM Recovery kedalam ponsel.

Langkah 7 - Tunggu beberapa menit untuk proses Instalasi CWM hingga muncul tulisan PASS pada Odin.

Odin samsung galaxy v

Langkah 8 - Selesai, sobat telah berhasil instal CWM pada perangkat sobat selanjutnya steps Root via CWM.

Cara Root Samsung Galaxy V via CWM Recovery 

Langkah 1 -  Matikan ponsel, kemudian masuk kedalam mode CWM Recovery dengan cara: tekan dan tahan tombol Volume Down (-) + Home + Power secara bersamaan.

Langkah 2 - Tunggu hingga muncul tampilan seperti dibawah ini (tampilan CWM).

CWM Recovery samsung galaxy v

Langkah 3 - Pilih instal zip > from sdcard. Pilih UPDATE-SuperSU-v1.94.zip (cari SuperSU yang anda simpan dalam memory external perangkat).

Langkah 4 - Tunggu hingga prosess selesai, biasa nya tidak lama karena ukuran file SuperSU tidak besar.

Langkah 5 - Kembali ke menu utama dan pilih reboot system now.

Langkah 6 - Jika muncul pesan  "fix supersu...." Hiraukan saja dan tekan tombol back.

Langkah 7 - Selesai, untuk mengecheck apakah ponsel sobat sudah berhasil te-root, sobat download aplikasi Root Checker dari Playstore.

Root Samsung Galaxy V tanpa PC

Langkah 1 - Download Framaroot.apk.

Langkah 2 - Jika sudah, instal dan buka aplikasi Framaroot diponsel sobat.

Langkah 3 - Pada menu sobat akan melihat menu Select an action to execute after root, sobat ganti antara install Superuser atau install SuperSU, lebih bagus pilih install Superuser.

cara root samsung galaxy v tanpa pc

Langkah 4 - Selanjutnya klik glandaf. 

Langkah 5 - Tunggu hingga proses instal sistem root kedalam perangkat selesai.

Langkah 6 - Sekarang akan muncul pesan ini superuser and su binary installed, pesan ini akan muncul menandakan bahwa ponsel sobat sukses te-root.

Langkah 7 - Nah selanjutnya akan muncul pesan you have to reboot your device klik Ok untuk melakukan reboot pada ponsel.

Langkah 8 - Jika ponsel sudah hidup kembali, sekarang sobat buka aplikasi SuperUser atau SuperSu pada menu list aplikasi ponsel. Jika diminta untuk meng-instal su binary klik Ok dan pilih normal.

Langkah 9 - Selesai, proses root samsung galaxy V dengan framaroot sudah berhasil sobat lakukan.

Cara Unroot Samsung Galaxy V dengan Framaroot

Langkah 1 - Buka Aplikasi Framaroot yang sudah sobat instal.

Langkah 2 - Pada Menu pilih Select an action to execute after root.

Langkah 3 -  Pilih Unroot untuk membatalkan root pada ponsel.

Langkah 4 - Kemudian pilih Gandalf.

Langkah 5 - Tunggu hingga proses unroot selesai dan reboot.

unroot framaroot samsung galaxy v

Cara Unroot dengan SuperSu Apk

Langkah 1 - Buka Aplikasi SuperSU pada ponsel sobat.

Langkah 2 - Selanjutnya pilih Unroot Full.

Langkah 3 - Reboot.

Unroot Full supersu

Somoga sobat menikmati panduan saya berikan ini seperti saya menikmati menulisnya, Sekian panduan lengkap mengenai Cara Root dan Unroot Samsung Galaxy V dengan PC dan tanpa Pc, silahkan berkomentar jika masih ada yang kurang sobat mengerti. 

Jika artikel ini bermanfaat bagi sobat, silahkan sobat share ke media social barangkali ada yang memerlukan tutorial ini. 

Dengan melakukan share beberapa dari artikel kami, tanpa secara langsung anda telah membantu kami bersaing di dunia internet marketting dengan traffic yang masuk. Dengan begitu kami akan semangat dan terus  membuat artikel-artikel menarik lainnya ataupun anda bisa request artikel yangsobat mau di kolom komentar, thank's.

Artikel Menarik Lainnya:

ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Cara Root dan Unroot Samsung Galaxy V dengan PC dan tanpa PC terbaru"

Post a Comment